Thursday, September 4, 2008

Percakapan Antara Si Bocah dan Aku ajaa...

Selama ini aku kalo komunikasi dengan Daniel selalu berbahasa Indonesia, meski dia jawabnya pasti selalu pake bahasa Jerman. Suatu hari, suami sempat dengar kita berdua ngobrol dan mendengar jawaban Daneil yang berbahasa Jerman. Ditegur deh dia sama bapaknya, "Daniel, mama kan nanya-nya dalam bahasa Indonesia. Ya, kamu jawabnya pake bahasa Indonesia juga." Eh, si bocah malah protes (emang dia lagi seneng protes dah akhir-akhir ini ) "Kenapa? Kan kita tinggal di sini (Jerman), jadi semua orang harus ngomong bahasa Jerman." Untuk seterusnya, bapaknya deh yang jawab. Bahwa emaknya ini orang Indonesia, yang berbahasa Indonesia, dan dia setengah Indonesia..dll..dst... dan di sini, orang gak harus ngomong bahasa Jerman. Terakhir, suamiku yang bilang ke aku, untuk membuat Daniel hanya menjawab aku dalam bahasa Indonesia. Na ja, buat aku sendiri sih sepanjang dia ngerti aku, bukan masalah gede.
Tapi, beberapa hari kemudian, Daniel mulai protes lagi kalo dia gak ngerti beberapa kata bahasa Indonesia sewaktu kita berdua ngobrol. Yang ujung-ujungnya malah nanya, kenapa aku tinggal di sini bukan di Indonesia *gubraks..gubraks deh* Perasaanku mah cuma, ini pertanyaan anak 6 tahun...anak kecil... gak sedih gitu loh. Hihihi... Aku cuma bilang ke dia, kalo sebelumnya ya, aku lahir, pernah sekolah, pernah kuliah, pernah kerja di Indonesia juga. Pas ketemu bapaknya, nikah (dia cekikikan), baru aku ikut bapaknya ke sini. Ditambah sekarang, dia (Daniel) juga di sini. Si bocah diem. Trus jawab, " O iya yaa... Kalo papa sendirian di sini, bakalan terbengong-bengong." (Pake bahasa Jerman bilangnya, dan aku tanya dia, gimana maksudnya). "Ya iyaaa...matanya papa bakal melotot, terus mulutnya menganga...karna gak ada mama.." (Sambil dipraktekin gayanya) Wakakaka...koq kayak kartun banget mikirnya.
Nah, tadi pagi dia minta donat berbalut (cieh) coklat, yang aku buat kemarin sore. Trus dia bilang, "die sehen anders aus." (donat-donatnya keliatan beda nih) Aku tanya dia, beda apanya. Jawab Daniel, "die sind kering!" Heh, apaan tuh? Dengan muke sok tau dengan kedua tangan diangkat, "Keriiing...auf indonesisch!" Ooooh..kering .

7 comments:

Anonymous,  September 5, 2008 at 12:53 PM  

Hahaha .. Emang gitu kali yah Ta, kalau anak lahir di keluarga yang mixed. Jadi skrg Daniel juga udah gak ada kesulitan ngomong bhs Jerman lagi kan? Syukurlah, ikut happy. Kalau bhs Indonesianya nanti utk 2nd language aja, bhs utamanya tetep jerman.

Oh iya ada pe er dari gw tuh. Kerjain yah.

Tira

Anonymous,  September 5, 2008 at 2:13 PM  

di blog lah ^-^.
Gpp yg biasa juga .. yg penting sesuai dengan tema.

Tira

Anonymous,  September 5, 2008 at 5:06 PM  

ha ha ha... lucu percakapannya. campur-campur. F juga campur campur ngomongnya. Krn dulu aku sering sendirian, aku lbh sering ngomong Jerman ke dia spy ngejar 'kebutuhan' vocab menjelang di TK. Tapi skrg aku mulai agak sering ngomong Ind. Masih dikit sih, tapi mendinganlah drpd ngga sama sekali.

--durin--

Anonymous,  September 5, 2008 at 5:11 PM  

hahaha... Daniel sama seperti Adam, kalo diajak ngomong bahasa Indonesia selalu menjawab dengan bahasa Jerman, tapi tetep nyambung ya...dan anak² kita memang tetep harus kita ajari, karna aku pribadi nih lebih berprinsip pada nasionalität dan keturunan, hihihi... ngomong apa to saya inih :P

Ida's Foto September 6, 2008 at 8:16 AM  

Bagus juga klo anak² suka byk tanya, hanya saja pusink utk cari jwbanya krn kita hrs bisa memberikan jwb yg sesuai dgn ukuran pemikirannya. Jd ingat anak tetangga yg tanya ke gw apakah ditmpt tinggal gw bisa lihat macan ? krn dia pernah dengar di P Jawa ada macannya. Btw, iya Ta gw lupa foto kereta bag dlm-nya. Tp gw lihat bentuk tempat duduknya dari kayu, mirip tempat duduk diruang tunggu puskesmas jaman dulu.

Anonymous,  September 10, 2008 at 11:08 AM  

kikikik... danil kocak ya.. bisa2nya

Lisa September 11, 2008 at 11:21 AM  

kasusnya samalah sama yg di sini hi hi. yg penting kan dia ngerti bhs indo. nanti naik ke level yg lebih lagi belajar nulisnya.
selamat & good luck utk kelahiran yg ke2

  © Blogger template Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP