Tuesday, November 4, 2008

Daniel & Dennis (U3): Ke Dokter Anak

Hari ini aku pergi ke Dokter Jakob, dokter anak, pertama untuk memeriksa Daniel apa perlu terapi lanjutan. Kedua, untuk U3-nya Dennis. U3 ini bagian dari serangkaian pemeriksaan untuk anak-anak di sini. U1 sudah dilalui Dennis di hari pertama dia lahir. Begitu juga U2, dilakukan sewaktu kita masih di rumah sakit, tepatnya di usia 3-10 hari. Totalnya sih menurut jadwal di buku kuningnya Dennis sampe U10. Daniel sih sudah sampe U9. U10 dilakukan kalo si anak sudah berumur 12-14 tahun.
Jadi termin hari ini jam 8.45. Sebelumnya menyusui Dennis dulu di rumah. Jam 8 pagi kita dah berangkat naik bis, cuma 3 halte dah sampe sih. Tapi aku mikir, semakin pagi semakin cepet selesai.
Giliran pertama yang diperiksa yaitu Dennis. Aku disuruh membuka dulu pakaian Dennis, kecuali popoknya sambil nunggu dokternya datang. Sewaktu pembantu dokternya keluar ruangan, mulei deh ada suara berisik dari Dennis, penuh bow popoknya. Akhirnya buru-buru aku ganti popoknya. Sewaktu pembantu dokter masuk ruangan lagi, aku dah selesai mengganti popoknya dan membuka pakaian Dennis. Lalu ditimbang dan diukur dulu tingginya. Hmm... berat 4950 gram ( nambah 750 gram), panjang 58 cm (nambah 5 cm) dan lingkar kepala 38,5 cm (nambah 1 cm) . Selanjutnya pak dokter masuk, meriksa Dennis dibolak-balik. Buset yak, kalo kita kayaknya hati-hati megang, eeh..dokter mah enak aja. Terus didengar suara jantungnya, gak ada suara berisik katanya. Dulu Daniel mah ada, sempet bolak-balik ke spesialis. Untungnya cuma sementara .
Setelah itu, pindah ruangan untuk USG pinggul, kandung kemih, ginjal dan hati. Alhamdulillah, hasilnya semuanya baik. Selanjutnya, aku dikasih kertas untuk memantau perkembangan Dennis di rumah, yang hasinya dibawa pada U4 nanti, yaitu sewaktu dia berusia 3-4 bulan. Pertemuan selanjutnya selain untuk U4 juga untuk imunisasi sebelumnya. Aku dikasih kertas tertulis tanggal kapan aku bisa bikin termin ke dokter lagi.
Selanjutnya giliran Daniel yang diperiksa. Pertama dia disuruh gambar yang disebutkan pembantu dokter (motorik halus). Kemudian oleh dokternya disuruh loncat-loncat dengan satu kaki, lompat sambil buka kaki dan bertepuk tangan di atas kepala, lalu naik ke atas meja pemeriksaan (motorik kasar). Tes selanjutnya, menyebutkan gambar-gambar benda apa aja yang ditunjuk pak dokter, dan bercerita apa yang tertera di gambar. Selanjutnya pak dokter bilang aku, dia mo lihat dulu perkembangan Daniel selama di sekolah. Untuk sekarang, gak perlu terapi dulu. Toh, dia bakal belajar banyak di sekolah. Lagipula dengan pengertiannya pak dokter bilang, sekarang kan ada baby yang masih kecil, jadi aku gak perlu sibuk dan capek antar Daniel ke terapi-terapi (Ergo- dan Sprachtherapie). Bisa konsentrasi ngurus Dennis juga, katanya.
Setelah itu kita pulang dan memutuskan jalan kaki melewati Kanal. Mumpung cuaca lagi bagus (dingin sih tetep, cuma lumayan ada matahari), lagipula karna aku dan Daniel belum sarapan mo mampir dulu ke toko roti...laper bow, hihi..

8 comments:

Anonymous,  November 4, 2008 at 2:55 PM  

syukur hasil tesny bagus. cepet bgt dennis naiknya. susunya cocok nih ta :))

++retno

Anonymous,  November 4, 2008 at 9:04 PM  

Syukur alhamdulillah semua baik hasilnya. Waahh, Dennis tambah montok nih...ayo²...yg rajin nyedot nya.. hihihi...
btw, Dennis tiap hari wajib minum vitamin D (D-Fluoretten) ga?

linae

Anonymous,  November 5, 2008 at 11:46 AM  

wah aku baru tau kalo ada yang Oel? diminum gitu? ato diolesin? hihihi.. ngebayanginnya minyak goreng :D D-Flo nya jg pake resep dokter, kalo Aira (skrg 16 bln) sampe sekarang masih minum, terakhir kemaren aku minta resep lagi, kata doktrenya bagus juga buat pertahanan tubuh saat Winter ;)

linae

Anonymous,  November 5, 2008 at 12:44 PM  

wah banyak banget itu U-nya yahh. Tapi bagus juga sih utk mengetahui perkembangan anak yah Ta. Mungkin kalau dikita kaya pos yandu.

Syukur alhamdullilah dennis sehat wal'afiat. Btw, gw bagi dong rotinya .. hehehe.

Tira

Anonymous,  November 5, 2008 at 6:41 PM  

Pas susunya tuh Ta :)

Baca komen linae, disana bayi di wajibkan minum vit D ngak? Gue penasaran nih pengen tahu soalnya disini diwajibkan karena volume sinar matahari sini kurang jadi kudu asupan vit D. Kalo di Indonesia mah tinggal dijemur aja kali ya, pan mataharinya kenceng.

-njun-

Anonymous,  November 5, 2008 at 9:32 PM  

@Njun: Iya Njun, dari rumah sakit udah dibekali vitD buat babynya. Selama setahun kayaknya kudu dikasih.

Anonymous,  November 6, 2008 at 10:08 AM  

eh iya, Suppenhuhn, tp baru kali ini aku nemuin suppenhuhn kek gini, soale aku pernah make suppenhuhn beli dr merk laen ga se-ngaret ini, jangan² ayam maenan ya..hahaha *ngaco*

linae

ika November 10, 2008 at 12:30 PM  

wah kalo belum diganti nappy nya mungkin berat dennis 5kg tuh bu rah .. wakakaka . syukurlah daniel nggak perlu terapi2 lagi ..gempor ya kalo nganter2 daniel kesana kemarin trus ngurus dennis pulak .. ayo buru cari SIM .. buntut udah banyak nih .. kikiki!

  © Blogger template Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP