Friday, October 17, 2008

Dennis dan saat-saat kelahirannya...

Alhamdulillah telah lahir, anak kedua kami, Dennis Anggaraksa Kiesel pada hari Jumat, 10 Oktober 2008 pukul 04.36 pagi di Erlangen, dengan panjang 53 cm dan berat 4200 gram. Iyaa..berat emang

Proses Kelahiran.
Pada tanggal yang diperkirakan dokterku, tanggal 8 Oktober, aku masih mengantar Daniel ke sekolah musik sore harinya. Badan rasanya udah mulai gak enak ditambah mules-mules kecil. Tengah malamnya, aku gak bisa tidur karna rasa mules yang terus datang, tapi yah masih bisa ditahan karna belum ngerasa mules hebat.
Paginya, aku ngerasa gak kuat buat antar Daniel ke sekolah dan minta suami untuk gak pergi kerja hari itu. Ya sud, akhirnya suami yang antar Daniel sekolah sambil siaga di rumah. Aku sendiri udah siap-siap mandi karna mikir suatu saat bisa tiba-tiba aja harus ke rumah sakit. Ditunggu sampe sore mules masih datang, tapi ya belum beraturan jaraknya. Kayaknya yang nervos malah suami, karna bolak-balik kamar mandi aja..hihihi... Akhirnya suami antar Daniel pergi kursus berenang. Nah, selama ditinggal suami itu, rasa mulesku makin hebat, tapi masih aja belum beraturan. Sewaktu suami dan Daniel dah pulang dari kursus renang, dia ngajak aku ke rumah sakit karna kontraksi sudah berjarak kurang dari 10 menit. Daniel kita bawa untuk dititipkan di rumah kakaknya suami yang tinggal di Erlangen juga. Setelah dari tempat kakak ipar, langsung kita ke rumah sakit, masih lumayan santai suami nyetirnya..hehe.. Sesampainya di RS, aku langsung diperiksa CTG oleh bidan jaga untuk lihat kontraksi setelah urinku diambil. Lantas tekanan darahku juga diperiksa berikut bukaan. Ibu bidan bilang sih, jarak kontraksi masih belum beraturan dan bukaan masih antara 1,5-2 cm. Menurut sang bidan, lebih baik aku pulang aja dulu. Tapi sebelum itu, aku di USG dulu oleh dokter jaga, yang berpendapat sama agar aku pulang aja dulu ke rumah. Akhirnya kita pulang setelah sebelumnya jemput Daniel dulu. Lucunya, kontraksiku makin sering datangnya selama perjalanan pulang. Tapi aku memutuskan lebih baik nunggu aja deh di rumah. Ternyata makin malam makin sering datangnya. Saat itu udah tengah malam, suami dan Daniel dah tidur, tinggal aku sendiri di ruang tamu sambil jalan bolak-balik ngatur nafas kalo kontraksi datang. Hihihi... Kadang ngantuk juga, tapi begitu dah mulai tidur, eh kontraksinya datang. Akhirnya jam 1 pagi lebih, aku udah hitung kontraksi dah datang sekitar 3-4 menit sekali. Aku langsung bangunin suami, dan gak lama keluar cairan kecoklatan sewaktu mo pipis. Langsung suami bangunin Daniel, buat dititip lagi ke kakak ipar. Setelah semua ganti baju, baru deh suami ngebut ke RS, sampe sana kira-kira jam setengah dua. Bidan yang jaga dah lain orang. Aku kembali diperiksa bukaannya. Ternyata dah 5 cm, dan aku dibolehkan langsung tinggal di RS. Dieter pamit dulu buat antar Daniel ke kakak ipar, setelah aku dipastikan bisa tinggal saat itu juga di RS. Aku sendiri sudah dimasukkan ke ruang bersalin, disiapkan ini-itu termasuk dipasangkan infus untuk jaga-jaga bila sesuatu terjadi. Dokter jaga kemudian datang, kenalan dulu sebentar dan sang dokter keluar lagi untuk menangangi ibu hamil lain. Kurang lebih 20 menit kemudian, suamiku sudah datang di ruang bersalin. Kemudian bidan memeriksa lagi bukaanku, ternyata dah 8 cm. Tiba-tiba kurang lebih jam 2-an, aku jadi kepengen ngepush. Ya udah, sama bidan dan satu murid sekolah bidan, aku dituntun cara bernafas untuk mengendalikan rasa pengen ngepush itu. Sewaktu saatnya datang, dokter jaga kembali dipanggil. Sebenernya kepala bayi dah nongol, tapi sewaktu aku selesai ngepush, kepalanya masuk lagi. Akhirnya, pak dokter ganjel tangannya di atas perutku, supaya si baby gak naik lagi ke atas..hihi.. Tangan suami kayaknya dah mo putus karna aku jadikan pegangan sewaktu ngepush..kakaka... Dokter memutuskan untuk kembali menggunting jahitan bekas lahiran Daniel dulu, dikarenakan ukuran kepala sang bayi yang besar. Akhirnya, jam setengah lima pagi, lahir juga bayi kami dengan suara tangisnya yang heboh, Dennis Anggaraksa K. Dia langsung ditaruh di pangkuanku, sambil dokter kembali menjahit bekas guntingan tadi. Syukur alhamdulillah semua berjalan lancar. Setelah semua beres dan Dennis dibersihkan, aku langsung disuruh mencoba untuk memberkian ASI. Awalnya susah, karna Dennis belum tau caranya menghisap, akhirnya setelah dibantu bidan, berhasil juga... Jam setengah 7 pagi, suami pamit lagi untuk menjemput Daniel untuk setelah itu diantar sekolah. Katanya, mau belanja mingguan juga. Hmm..kayaknya yang capek beneran suamiku dan Daniel dibuatnya..hehehe... Suami janji untuk datang lagi setelah siangnya menjemput Daniel dari sekolah.
Dan...sewaktu pertama kali Daniel melihat adiknya, rupanya dia masih merasa asing dengan kehadiran Dennis. Belum mau pegang Dennis saat itu dia. Tapi syukurah lama-lama dia mau deket-deket adiknya..
Oya, aku tinggal di RS hingga tanggal 13 Oktober, setelah dokter anak selesai memeriksa Dennis (U2) dan kita mengurus akte kelahirannya. Selanjutnya, di rumah aku dan Dennis dikontrol oleh bidan yang datang selama 10 kali (tercover asuransi). Lumayan gak merasa sendirian kita dengan adanya bidan ini.
Hmm ya...dengan ukuran Dennis yang lumayan besar, ada beberapa pakaian yang gak bisa dipake karna kekecilan. Aku bilang ke suami, disingkirkan aja ya. Eeeh...dia bilang, jangan. Siapa tau nanti bisa terpakai kalo terjadi 'kecelakaan'.. *Gubraks*

Beberapa foto aku dah taruh di sini. Ini nulis dan aplod foto tengah malam begini, nunggu si kecil tidur.. jadi mohon maklum kalo bahasanya kacau yak..ngantuk bow..

8 comments:

Anonymous,  October 18, 2008 at 5:55 AM  

Huaaaaaaa....huaaaaaaaaaa.... Selamat datang Dennis... *colek2 pipinya* gede ya bu Ita, moga² ASI nya lancar ya... ayo Dennis, isep Mama ampe abis :D
Eh, Adam juga awalnya gitu ke Aira, masih asing bahkan takut deketin, tapi akhirnya mau juga sih...Asik nih Daniel punya temen main ya, yang sayang ya ama adik Dennis..
Take care ya... sehat² aja ya... und viel Spaß mit Dennis... hihihi..

Anonymous,  October 18, 2008 at 6:29 PM  

alhamdulillah, selamat datang buat Dennis dan semoga cepet pulih dan lancar ASI buat Mamanya. Hebat deh dirimu, Ta! Bertahan dua hari gak tidur, jarak awal ngepush dan kelahiran yang relatif lama, ngga pake penawar sakit pula! Salut banget!
Oh iya, selamat buat Papa Dennis dan seluruh keluarga juga!

--durin--

Anonymous,  October 19, 2008 at 12:08 PM  

bolak balik rumkit gitu ya ta, tega bener deh dokternya. ngerepotin kalian juga kan :(

syukur semuanya lancar ta, terutama ASI, bebas lah dr penyuluhan wakakakaka...

dennis bajunya banyak yg kekecilan ya? kebalikan sama adinda ni, dia banyak yg kegedean. pake ukuran brp ta?

semoga lancar dan sehat terus ya. dinikmati tu yg dateng 10 hari, bersih2 rumah juga kan?

++retno

Anonymous,  October 19, 2008 at 6:01 PM  

Ita, Dennis cakep bangetttt. Kemaren malah temen gw crita kalau berat anaknya waktu lahir itu 5 kg, panjang 50 cm .. whehehe. Gw bingung deh waktu hamilnya gimana, pan berat banget pastinya yah.

Syukurlah semuanya berjalan lancar. Loe dan Dennisnya juga sehat. That's most important dari semuanya.

Kapan2 bawa dong ke Minden :D.

Tira

Anonymous,  October 20, 2008 at 3:01 PM  

Gw ada di kameranya Ida, handy-nya Nunung dan kameranya Sri. Ntar foto gw menyusul yah. Kangen kah diri mu pada diri kuhhh? hahaha.

Btw, gw mau dong punya anak cakep juga. Apa sih resepnya? :D

Tira

Anonymous,  October 21, 2008 at 11:00 AM  

Hirta... selamat ya.. Dennis ganteng banget kyk kakaknya..

Anonymous,  October 21, 2008 at 12:10 PM  

selamat atas kelahiran Dennis yah.

semoga kalian selalu sehat

ampun gede banget ta! anak gw 2-2nya cuma 2,8kg

Anonymous,  October 24, 2008 at 12:19 PM  

Iya tuh Ta, jengkolnya dari Düsseldorf. Temen gw si Rika mbeliin di toko asia disana. Ntar kalau Nunung jadi ke Düsseldorf gw nitip deh buat loe.
Alhamdullilah gw baek-baek aja. Kabar loe sendiri gimana? Gw lg siap2 mo pindahan.

Tira

  © Blogger template Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP