Saturday, April 12, 2008

Pendaftaran Sekolah

Tanggal 12 April, Sabtu ini serentak (minimal di Erlangen) hari pendaftaran anak-anak masuk Grundschule (SD). Sesuai dengan Termin yang kita buat, yaitu jam 12.20, bertiga kita jalan kaki menuju Hermann Hedenuss Schule. Cuma kurang dari 10 menit jalan dari rumah ke sekolah. Begitu di sana, Daniel langsung dikasih sticker dengan namanya dan ditempel di t-shirt. Sementara untuk orang tua, kita dikasih map kuning, yang isinya informasi seputar sekolah. Lalu, kita masuk ke salah satu ruang kelas, tempat pendaftaran sekolah. Plus mendaftar untuk kegiatan siang sehabis sekolah. Tapii...setelah mendaftar, bukan berarti si anak bisa langsung sekolah. Setelah mendaftar, Daniel bersama anak-anak lain dalam grup kecil, dibawa masuk ke ruang kelas untuk uji coba belajar bersama beberapa guru. Kurang lebih 30 menit, mereka selesai dan orang tua dipanggil untuk berbicara. Seperti telah diduga, Daniel tersandung masalah bahasa dan konsentrasi. Sang ibu guru, mengantarkan kita ke kepala sekolah untuk membuat Termin baru bersama anak-anak lain, untuk uji coba belajar di grup yang lebih besar tanggal 23 April nanti. Baru nanti diputuskan, apa Daniel bisa langsung masuk sekolah atau ke Schulkindergarten dulu. Sudah setahun ini, pusiiiing aku sama urusan sekolah ini. Mau belajar koq anak dipersulit.

7 comments:

Anonymous,  April 14, 2008 at 9:18 PM  

Bu Rah.. dilema anak bilingual yah..
gw bantu Doa tuk Daniel..

Gw juga kudu siap2dah beberapa thn lagi.. ribet begini,,

Dayundgkcpo

Anonymous,  April 14, 2008 at 9:20 PM  

lah itu nama gw kenapa jd ribet begitu di atas

D

Anonymous,  April 15, 2008 at 8:08 AM  

eh ketat jg mo masuk SD mesti dites sgala, disini ga tau gimana deh, C msh lama SD..

sabar sabar ya burah

JuJu

Anonymous,  April 15, 2008 at 10:47 AM  

Iya yah, mau sekolah kok dipersulit banget. Padahal anak-anak tuh cepet loh belajar bahasa, nanti juga kalau Daniel dah sekolah, pasti dia gak akan memiliki masalah itu lagi. Karena nanti kan dia bersosialisasi dengan anak-anak sebayanya.

Maju terus pantang mundur yah. Dibantu doa dari sini.

Tira

Anonymous,  April 16, 2008 at 7:18 PM  

kesel juga ya kalo dipersulit gini. Menurut mereka standar masuk SD-nya gimana sih, Ta? Memangnya bahasa dan daya konsentrasi calon murid SD harus seperti apa?

--durin--

Anonymous,  April 17, 2008 at 11:51 AM  

ah .. iya ribeet!! ganti sekolah aja bu rahhhh ...

di sini aja anak2 yg dari negara antah berantah gak bisa bahasanya samsek, dicemplungin ke sekolah langsung, 6bl langsung cas cis cus .. anak kecil kan paling gampang pick up semua kata2 ..

gak bisa cari sekul lain kah?

semoga daniel bisa dapet sekolah yg bagus yaa!!

*bu rem*

Anonymous,  April 17, 2008 at 12:03 PM  

gapapa lagi burah biar dia siap aja.. soalnya nara itu juga agak kupaksa.. sempet sih mogok belajar

  © Blogger template Blogger Theme II by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP